Literasi Keuangan Melalui Kreativitas: Celengan Botol Air Mineral Lukis untuk Anak-Anak

Authors

  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Kharisma Danang Yuangga Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Himan Zainuri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

Keywords:

Literasi keuangan, kreativitas, pendidikan karakter, celengan hias

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Literasi Keuangan melalui Kreativitas: Celengan Botol Air Mineral Lukis untuk Anak” bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anak usia dini melalui pendekatan kreatif, interaktif, dan berbasis proyek. Program ini melibatkan anak-anak, pendidik, dan orang tua di RA Al-Amanah, dengan aktivitas pembuatan celengan dari botol bekas sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan konsep keuangan seperti menabung dan pengelolaan uang, sekaligus menanamkan nilai karakter seperti tanggung jawab, disiplin, dan kreativitas. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman literasi keuangan, kreativitas, dan kesadaran lingkungan pada anak-anak, serta memberikan keterampilan baru bagi pendidik dan inspirasi bagi orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah. Program ini menjadi model yang relevan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengintegrasikan pendidikan keuangan, karakter, dan keberlanjutan lingkungan dalam pembelajaran.

References

Bowman, B. T. (2014). Foundations for Financial Literacy: Early Childhood Perspectives. Early Education Journal, 42(3), 175-184.

Eisenberg, N., & Lennon, R. (1983). Altruism and the Development of Social Values in Children. New York: Harper & Row.

Eisner, E. W. (2002). The Arts and the Creation of Mind. New Haven: Yale University Press.

Eisner, E. W. (2002). The Arts and the Creation of Mind. New Haven: Yale University Press.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-316.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Kerangka Konseptual. Jakarta: Kemdikbud.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Montessori, M. (1998). The Absorbent Mind. Oxford: Clio Press.

Nugraha, S., & Susanti, D. (2019). Pemanfaatan Limbah Plastik dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 15-23.

Nugraha, S., & Susanti, D. (2019). Pemanfaatan Limbah Plastik dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 15-23.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2018). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta: OJK.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2018). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta: OJK.

Piaget, J. (1971). The Theory of Stages in Cognitive Development. New York: Basic Books.

Piaget, J. (1971). The Theory of Stages in Cognitive Development. New York: Basic Books.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: Buck Institute for Education.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: Buck Institute for Education.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sari, W. I., Yuangga, K. D., & Zainuri, H. (2024). Literasi Keuangan Melalui Kreativitas: Celengan Botol Air Mineral Lukis untuk Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–58. Retrieved from https://journal.stiemifdasubang.ac.id/index.php/jpm/article/view/36